Ketombe Merajalela
Masalah Ketombe? Jangan asal asalan yah?!
Inspirasi Harsiki - Cara Mencegah Ketombe Dan Kerontokan Rambut. Kesehatan sangat-sangat lah penting bagi kita, kenapa sangat penting ? , coba saja bayangkan apabila kita sedang sakit, pasti kita akan membutuhkan dokter dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Pasti saat ini kita membutuhkan pengobatan yang murah, benar kan ! Memang benar kenyataannya seperti itu, karena saat ini biaya pengobatan sangat mahal. Coba saja bayangkan tentang rambut, penyakit yang di timbulkan sangat banyak kalau kita tidak dapat merawatnya , sebagai contoh : Rambut Berketombe, Rambut Rontok, Rambut Beruban, Rambut Kusam dan Bercabang dan masih banyak lainnya.

Pada saat seperti itu pasti kita membutuhkan perawatan yang extra, sampai-sampai mengeluarkan uang ratusan bahkan jutaan rupiah. Lalu bagaimana mengatasinya agar biaya yang kita keluarkan tidak mahal !!?? . Ini ada beberapa Cara Mencegah Ketombe Dan Kerontokan Rambut yang mungkin ini bisa menjadi solusi dan inspirasi agar dapat mengurangi biaya perawatan yang sangat mahal tersebut.

Cara Agar Rambut Tidak Berketombe
Banyak orang yang mengalami ketombe pada rambut dan mengakibatkan rambut menjadi rusak bahkan rontok, dan juga orang tersebut menjadi tidak percaya diri sampe-sampe takut make baju berwarna gelap. Nah kalo masalah ketombe sudah sampai tahap mengganggu, saatnya anda mengambil langkah cepat dan tepat untuk menghabisinya! (Emangnya bakpao - dihabisin hehehe)

Nah sebelum melangkah lebih jauh mari kita kenalan dulu sama yang namanya ketombe. Ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia globosa yang memangsa minyak berlebih dirambut (biasanya karena kita jarang keramas) tapi ternyata keramas juga pedang bermata dua lho?! Kebalikanya jarang keramas, kalo terlalu sering keramas juga akan menyebabkan rambut ketombean. Loh kok bisa? Karena kulit menjadi terlalu kering sehingga kulit kepala menjadi pecah dan mudah mengelupas karena akan digantikan kulit yang lebhi muda (bagian dari proses alami regenerasi tubuh).

Nah dari tulisan diatas bisa disimpulkan, ada dua jenis ketombe. Ketombe karena rambut terlalu berminyak sehingga jamur tumbuh subur dan merusak bahkan mengiritasi kulit kelapa, dan ketombe karena kondisi kulit kepala yang terlalu kering. Kenali jenis ketombe anda, karena keduanya membutuhkan terapi yang sangat berbeda, parahnya, kalo anda salah langkah dalam mengobatinya.. pengelupasan kulit kepala justru menjadi semakin dahsyat! Waaah makanya jangan sampe salah langkah mengobatinya, ini juga alasanya kenapa produk pembasmi ketombe bisa cocok di satu orang, tapi justru memperparah keadaan buat orang lain. Jangan sampe deh maunya sembuh malah tambah sakit.

Lalu apa hubunganya ketombe dengan rambut rontok? Kenapa keberadaan ketombe sangat erat dengan kerontokan? Jawabanya simple. Semua jenis ketombe menjadikan penipisan kulit kepala, kulit muda tidak sekencang dan serapat kulit yang sudah tua, karena itu rambut jadi lebih mudah tercabut, seperti membayangkan tanaman yang tanahnya sudah digali akan lebih mudah dicabut juga kan?

Alasan kedua adalah baik jamur atau kondisi kering menjadikan rambut lebih rapuh. Rambut terdiri dari susunan protein kompleks yang dinamakan keratin. Keberadaan jamur dapat mengurai susunan keratin yang ada, sedangkan kondisi kering dapat menjadikan susunan keratin pecah (makanya rambut jadi lebih mudah patah)

Anyway... begitulah kira-kira efek ke rambut kita kalo kita ketombean, meskipun sebetulnya ketombe itu masalah kulit kepala (bukan masalah rambut) tapi memang gak bisa disangkal, makin hebat serangan ketombe, makin rajin rambut kita rontok. Okey, sekarang saatnya tips untuk mengobati ketombe.

baca juga : Ingin rambut hitam?

Cara menghilangkan ketombe karena rambut terlalu berminyak:

  • 3-4 buah jeruk nipis di iris menjadi menjadi beberapa bagian.
  • Setelah di iris, lalu bagian jeruk nipis tadi di letakan di kepala dan di tekan-tekan sampai air yang ada di irisan jeruk nipis tersebut menyerap di kulit kepala.
  • Tutup bagian kepala tersebut dengan handuk kecil, lalu didiamkan selama 30-40 menit.
  • Setelah selesai, bilas kulit kepala dengan air sampai bersih.
* Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana ramuan ini bekerja? Pertanyaan bagus! Ramuan ini bekerja dengan menutrisi kulit (air jeruk = vitc hellooow?) ditambah sifat asam akan mengangkat minyak berlebih. Efek yang didapat adalah kulit menjadi sedikit kering, minyak terangkat (gak ada lagi makan buat jamur nakal) nah dalam waktu seminggu jamur-jamur parasit tadi bakalan mati dengan sendirinya. Efektif kan?

Cara menghilangkan ketombe karena rambut terlalu kering:

Lain ladang lain belalang, lain permasalahan lain pengobatan. Jika anda terlalu rajin keramas (misal 2 kali sehari) alih-alih ingin menjaga kesehatan rambut justru merusak kesehatan kulit kepala. Kondisi kering juga bisa menyebabkan rambut bercabang. Nah kalo ini masalahnya anda perlu yang namanya masker rambut! Hah masker rambut? Mahal.....! Iya saya tau itu mahal, kan anda ada di cara-alami.net? Kok bingung sama yang namanya harga hehehe. Daripada kesalon, mending bikin sendiri yuk ramuan untuk deep treatment rambut anda!

Bahan-Bahan :

  • 4 Sendok makan madu (2 Sendok untuk rambut pendek)
  • 2 Butir telur (Satu butir untuk rambut pendek, telurnya telur ayam - bukan telur angsa, kegedean)
  • Alpukat secukupnya

Cara Pakai:
Campurkan madu dan telur aduk hingga rata, lalu tambahkan alpukat yang sudah dijadikan bubur (diblender atau bisa juga diulek) dan oleskan kerambut anda sambil dipijit-pijit ringan di bagian kulit kepala selama sekitar 5 menit. Setelah dipijit, gunakan topi mandi atau bisa juga dibungkus dengan handuk (cuma nanti susah yang nyuci kalo pake handuk) dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam. Setelah selesai, bilas dan kalo bisa gunakan conditioner.

Bagaimana ramuan ini bekerja? Nah kalo jeruk bikin kulit kering, alpukat sebaliknya memberikan kelembaban yang dibutuhkan kepala. Selain itu, alpukat mengandung Glutathione sebuah zat antioksidan yang kuat tapi aman bagi tubuh, membantu mempercepat regenerasi kulit dan memicu pembentukan kolagen. Dipadu dengan madu dan telur yang juga menutrisi kulit, lakukan rutin tiap sore hari, gak sampe seminggu ketombe pasti ilang.

Cara Mencegah Kerontokan Pada Rambut.

Rambut Sehat
Rambut kuat dan cantik adalah idaman setiap wanita
Lalu bagaimana dengan efek samping ketombe yaitu kerontokan rambut? Siapa sih yang tidak kesal kalau punya rambut yang sering rontok, bahkan sampai terancam gundul karena genetik bawaan orang ua adalah rambut dengan pertumbuhan lambat dan jumlah seadanya (mirip ipin upin kali rambutnya limited edition hehehe). Pasti sangat menjengkelkan, dan kadang merasa ngeri kehilangan mahkota kebanggan setiap wanita. Sekali lagi tenang... and masih ada di cara-alami.net! Jangan kuatir, bat pembaca setia semua, kami pasti berusaha memberikan solusinya kok *wink*

Cara Alami Mencegah Kerontokan Rambut

  • Bakar beberapa kemiri sampai berminyak.
  • Oleskan minyak dari kemiri tersebut ke kulit kepala.
  • Tutup bagian rambut tersebut dengan kain atau handuk, diamkan selama semalam.
  • Pada pagi harinya bersihkan bagian kulit kepala tersebut dengan cara keramas.
* Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Simple kan? Kemiri memang menutrisi rambut, memperkuatnya sehingga anda bisa memiliki rambut yang bahkan lebih panjang lagi, bukan hanya itu kemiri juga mencegah rambut kelihangan warna alaminya, jadi juga bisa mencegah merebaknya uban di kepala.

Catatan Selama Masa Perawatan
Pengobatan pasti butuh waktu, get real ya! Emangnya iklan yang gak sampe semenit langsung sembuh dari segala penyakit? Nah ada baiknya selama masa perawatan anda menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memperparah kondisi anda, dan meningkatkan kebiasaan yang mempercepat kebugaran anda. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah:

  • Mengurangi kebiasaan garuk-garuk kepala. Tiap kali anda menggaruk kepala anda, ada kulit yang terkikis nah lapisan kulit muda yang belum matang biasanya jauh lebih lemah, hal ini bisa mengurangi kekuatan akar rambut. Belum lagi kebiasaan ini bisa mencabut rambut anda secara tidak sengaja.
  • Perbanyak konsumsi ikan. Ikan mengandung banyak mineral dan asam lemak yang baik, salah satunya adalah Omega 3 yang sangat baik untuk kulit. Nah khusus untuk anda yang punya reaksi alergi terhadap ikan, ada tipsnya lho untuk mempersiapkan ikan supaya mengurangi reaksi alergi.

Perawatan mahal atau harus ke dokter karena rambut bermasalah? Sekarang sudah tidak lagi karena sebetulnya alam sudah menyediakan semuanya untuk kita (umat manusia). Tinggal kita yang mau apa enggak untuk mempelajarinya lalu mengelolanya. Semoga aja dengan terbitnya (dan diupdatenya) Cara Mencegah Ketombe Dan Kerontokan Rambut ini bisa bermanfaat buat pembaca semua, makasih udah repot-repot baca tulisan saya, jangan lupa komen dan share yah.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

 
Top