Ciri-Ciri dan Manfaat Kacang Panjang - Tanaman kacang panjang adalah tanaman menjalar yang mudah kami jumpai di sekitar kita berikut ciri-ciri dan manfaatnya. Nama latin tanaman kacang panjang adalah Vigna Sinensis L. Savi Ex Has. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman kacang panjang mempunyai nama yaitu Long Bean. Tanaman kacang panjang ini biasanya di tanam di pekarangan, ladang, serta sawah. Diantar a Ciri-ciri tanaman kacang panjang diantaranya adalah buah yang dihasilkannya berbentuk panjang dengan struktur yang biasanya bulat dengan diameter yang agak kecil, ketika muda berwarna hijau serta jika telah tua bakal berwarna kuning kecoklatan. Kegunaaan serta kegunaan tanaman kacang panjang bagi masyarakat Indonesia dipakai sebagai sayuran untuk dimakan sehari-hari. Pengolahan tanaman kacang panjang ini dimasak dengan tutorial mengukukus, di rebus alias dimakan dengan cara langsung sebagai lalapan. Tetapi nyatanya kacang panjang ini mempunyai kegunaaan serta khasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit yang ada di tubuh.

Anatomi serta Morfologi Tanaman Kacang Panjang

Ciri-Ciri dan Manfaat Kacang Panjang
Ciri-Ciri dan Manfaat Kacang Panjang
Tanaman kacang panjang Merupakan salah satu diantara tipe tanaman dari keluarga tanaman Fabaceae atau biasa disebut/alias polong-polongan. Tanaman kacang panjang ini tumbuh menjalar setinggi 2,5 m.  Tanaman kacang panjang batangnya mempunyai ciri-ciri berbentuk bulat, memanjang panjang. Struktur batang tanaman kacang panjang bersifat keras, serta berkuran kecil dengan diameter kurang lebih 0,6 cm-1 cm. Daun kacang panjang ini majemuk yang tersusun dari tiga helaian daun. Daun tanaman kacang panjang berbentuk lonjong dengan ujung daun runcing. Tepi daun tanaman kacang panjang rata, tak berbentuk, serta mempunyai tulang-tulang daun yang menyirip.  Bunga tanaman kacang panjang terletak dibagian ketiak daun. Tangkai bunga tanaman kacang panjang berbentuk silindris, dengan panjang  12 cm, berwarna hijau keputih-putihan. Mahkota tanaman kacang panjang berbentuk semacam  kupu-kupu, berwarna putih keunguan. Benang sari tanaman kacang panjang bertangkai dengan ukuran 2 cm, berwarna putih. Buah tanaman kacang panjang berbentuk polong, berwarna hijau dengan ukuran panjang 15-25 cm. Biji tanaman kacang panjang berbentuk lonjong,pipih mirip biji tanaman kedelai, serta berwarna coklat muda. Akar tanaman kacang panjang berakar tunggang serta berakar serabut. Akar tunggan tanaman kacang panjang tumbuh lurus ke dalam tanah sampai mencapai kedalaman 30 cm, sedangakan akar serabutnya tumbuh menyebar ke arah samping (horizontal) serta tak dalam. Akar serabut tanaman kacang panjang ukurannya bisa mencapai 26 cm. Habitat tanaman Ciri-Ciri dan Manfaat Kacang Panjang ini berada pada ketinggian 0-800 m diatas permukaan laut.  Tanaman cacang panjang ini biasanya tumbuh pada tipe tanah yang berlempung, berpasir (latosol) yang mengandung tak sedikit humus dengan curah hujan serta sinar matahari yang cukup. Tanaman kacang panjang berkembang biak dengan biji.

Nama Daerah Tanaman Kacang Panjang 

Indonesia : Kacang Panjang

Klasifikasi Tanaman Kacang Panjang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnolipilihanda (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Vigna
Spesies: Vigna Sinensis (L.) Savi Ex Has

Kandungan Tanaman Kacang Panjang

Ciri-Ciri dan Manfaat Kacang Panjang dibagian daunnya mengandung saponin serta polifenol. Sedangkan tahap buah tanaman kacang panjang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamn A, vitamin B1, serta B2, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, belerang, magnesium, mangan, serta niasin.

Kegunaaan serta Khasiat Tanaman Kacang Panjang Untuk Kesehatan


  • Tanaman kacang panjang dipakai untuk mengobati penyakit cacingan.
  • Tanaman kacang panjang berkegunaaan untuk mengobati penyakit batuk rejan.
  • Tanaman kacang panjang berkegunaaan untuk menyembuhkan penyakit sembelit serta sulit buang air besar.
  • Tanaman kacang panjang berkhasiat untuk meningkatkan asi.
  • Tanaman kacang panjang dipakai untuk menyembuhkan penyakit anemia.
  • Tanaman kacang panjang untuk mengobati penyakit kanker.
  • Tanaman kacang panjang dipakai untuk mengobati gangguan saluran kencing serta peluruh air seni.
  • Tanaman kacang panjang dipakai sebagai antibakteri.
  • Tanaman kacang panjang berkegunaaan untuk  antivirus.
  • Tanaman kacang panjang dipakai sebagai antioksidan.
  • Tanaman kacang panjang untuk mengobati penyakit batu ginjal.
  • Tanaman kacang panjang berkegunaaan untuk meningkatkan kegunaaan limpa.
  • Tanaman kacang panjang dipakai untuk meningkatkan kegunaaan sel darah merah,  demam berdarah, serta tak lebih darah.
  • Tanaman kacang panjang berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang serta  rematik.
  • Tanaman kacang panjang berkegunaaan untuk menyembuhkan pembengkakan.
  • Tanaman kacang panjang dipakai untuk meningkatkan nafsu makan.
  • Catatan
  • Konsumsilah herbal tanaman kacang panjang dengan bijaksana serta sesuai takaran.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top