Siapa sih yang ga tau kelapa? Buat orang Indonesia, kelapa adalah buah yang sangat digemari, mulai dari penggunaan santan untuk berbagai kreasi sayur lodeh, serat dagingnya untuk memberikan tekstur spesial di aneka kue, airnya yang menjadi minuman segar paling laris menurut mas Benny (Soalnya mas Benny tetangga saya jualan es Kelapa Muda hehehe)

Pemanfaatan kelapa memang luar biasa buat, kayu pohonya (yang sering disebut kayu Glugu) menjadi pilihan banyak orang karena kuat, awet, tapi tergolong murah. Serabut kelapanya menjadi salah satu komoditas ekspor dan masuk kedalam kategori "Natural Fiber", sampe batok kelapanya juga bahan utama pembuatan briket arang sebagai pengganti batu bara. Nah karena manfaatnya buanyak banget, kira-kira apa ya manfaat air kelapa bagi kesehatan?

Air kelapa sebetulnya adalah bakal/ calon daging buah kelapa, seiring matangnya buah, air akan mengeras dan menjadi daging kelapa (itu lho yang putih terus kalo diparut dan diperes keluar santan), nah jadi bisa dibilang air kelapa muda adalah ekstrak buah kelapa itu sendiri. Beberapa keunggulan air kelapa muda adalah rendahnya nilai karbohidrat, bebas lemak (gak sampe 1% lho) rendah gula dan masih banyak lagi, dan buat orang yang hidup di negara Tropis, banyak yang memang sengaja meminum air kelapa muda untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kembali stamina yang kendor.

Emang bener berkhasiat seperti itu? Well, seperti diatas yang saya bilang air kelapa muda adalah ekstrak kelapa, didalamnya terdapat ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) dan karena memang bakal calon daging, air kelapa mengandung banyak gizi seperti klorida, cytokinins (yang mampu merangsang lapar), asam lauric, dan bebas bahan kimia berbahaya bahkan untuk Bumil sekalipun. Dan emang ada alasanya kenapa bumil suka kepingin air kelapa muda, asam lauric yang terdapat di kelapa muda identik dengan asam lauric yang ditemukan pada ASI! Wow, siapa tau sebetulnya yang laper adalah si baby, bukanya bunda. :)

Lebih dalam mengenai ZPT, banyak calon tumbuhan memiliki kandungan ZPT sebagai "bekal" pertumbuhan hingga calon tumbuhan tadi mampu mensitesa makanan sendiri, ZPT banyak juga terdapat di rebung (tunas bambu), tauge (makanan yaaach! Udah deh yang cowok jangan ngeres aja -_- ) dan calon-calon tumbuhan lain. Khusus untuk manfaat yang bisa didapat dari air kelapa muda, adalah:

  • Menjaga temperatur tubuh tetap stabil
  • Menghidrasi tubuh, karena memang banyak mengandung zat isotonk
  • Meningkatkan kandungan nutrisi ke aliran darah
  • Mengembalian cairan tubuh yang hilang setelah berolah raga
  • Meningkatkan Metabolisme
  • Membantu diet menjadi seimbang
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Menjaga kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
  • Membantu memecah formasi batu ginjal
Sebagian dari list diatas sangat penting bagi kestabilan sistem biologis kita, makanya sengaja saya buatkan penjelasan lebih mendalam seperti dibawah ini:

Menghidrasi Tubuh (Mencegah dan Mengobati Dehidrasi)

Air kelapa adalah larutan isotonik alami dari alam yang mengisi kembali berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh setelah melakukan aktifitas fisik. Karena alasan inilah banyak atlit menyarankan mengkonsumsi air kelapa muda setelah berolah raga, bukan sekedar segar, tapi benar-benar menyegargan dan menutrisi dari dalam!

Mengatasi Berbagai Masalah Saluran Kencing

Pernah ngerasain "kepuyuh" (kepingin kencing berkali-kali, tapi sekali kencing cuma dikiiiiiiiit banget -ah susah njelasinya tapi nyiksa banget sumpah) coba minum segelas gede air kelapa muda, jamin sembuh deh :) (bukan tips dari bang Benny, tapi beneran -coba ajah).  Jika anda rajin mengkonsumsi air kelapa secara rutin, juga bisa mencegah penyakit kencing batu, kandungan asam alami yang melewati saluran kencing anda bisa melunturkan formasi mineral yang tidak diinginkan.

Mengatasi Cacingan

Bukan hanya papain dari pepaya saja yang bisa mengatasi cacing, air kelapa muda juga menjadikan usus anda sebagai "habitat yang tidak ramah" buat cacing-cacing di saluran pencernaan anda.

Sebagai Pengganti Cairan Tubuh

Pernah nonton film Jackie Chan yang judulnya "Who Am I?" Kisah seorang elit militer yang hilang ingatan lalu bertemu dengan wanita cantik yang lagi balapan di padang pasir, dan memberikan pertolongan pertama buat kakaknya si cewek tersebut dengan memberikan infus dari kelapa muda.. Nah itu beneran teknik militer lhooo! Cuma saya gak habis pikir.. kok bisa ya pohon kelapa (kelapanya IJO lagi) bisa tumbuh di tengah gurun??? Well biar itu urusan sutradaranya ajah. Yang jelas teknik ini emang sering dipake oleh pejuang perang dunia kedua dan perang pasifik saat infus menjadi barang mewah buat mereka.
Reaksi Jackie Chan Kalo baca postingan ane

Membantu Memerangi Virus

Monolaurin (Bukan urin Monola loh!) sudah dikenal memiliki properti antiviral, anti baterial, dan anti protozoal. Monoglyceride juga mampu menembus dan membunuh beberapa visrus yang diselimuti lapisan lemak seperti virus HIV, Herpes, cytomegalovirus, flu dan virus pathogen lainya.

Menstabilkan Kondisi Perut

Mabuk perjalanan? Minum saja air kelapa muda! Jangan obat melulu dong?! Selain itu, pada penderita penyakit muntaber, demam, atau penyakit lainya yang menjadikan perut mual, air kelapa muda bisa membantu mengatasinya. Air kelapa muda juga membantu reaksi penolakan perut terhadap zat berbahaya, mual karena setelah minum alkohol, mual karena racun atau sejenisnya bisa menjadi "kalem" setelah minum air kelapa.

Nah banyak kan manfaat air kelapa buat kesehatan kita? Makanya rajin-rajin minum es kelapa muda (Ngiklanin Mas Benny dan kawan-kawan) cuma pastikan saja, kalo es kelapa yang anda minum bebas pemanis buatan, bebas pewarna berbahaya, dan bebas zat kimia gak jelas lainya. Jadi emang yang paling aman ya beli aja kelapa muda terus belah sendiri deh :)

Update 11 Agustus

Manfaat tambahan untuk pupuk tanaman

Anda punya tambulampot (Tanaman buah dalam pot) yang sudah berusia tahunan? Sudah rajin memberi pupuk kimia maupun organik tapi tetep aja makin males berbuah? Nah usut punya usut bisa saja tanah didalam pot tersebut sudah terlalu keras dan bersifat alkali. PH tanah yang terlalu tinggi PH nya akan menghambat penyerapan nutrisi buat si tanaman, makanya para penghobi tambulampot akan mengganti tanah dalam pot setelah beberapa tahun. Repoooot kan?? Ternyata waktu saya beli polybag di toko langganan saya di area jalan magelang sempet ngobrol dengan si pemilik, ealah daripada mengganti tanah dan beresiko merusak akar tanaman, ternyata bisa diakali dengan suplementasi air kelapa! Wow... sempet gak percaya lalu ketika saya tanya apakah cucuk (impas/sepadan) dengan biaya air kelapa dia bilang sepadan, karena tambulampot bisa bernilai jutaan rupiah. Makin kaget deh saya, gak mau ketinggalan berburu ilmu saya juga tanya tentang ZPT, dan akhirnya dikasih tau cara mengekstrak zpt dari berbagai sumber seperti rebung, tauge dan air kelapa. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat ZPT dari Tauge atau Rebung

Hehe sengaja pake tauge atau rebung soalnya murah banget dibanding air kelapa :p..

Siapkan sekitar satu ons tauge muda dan segar atau bisa juga rebung bambu, blender dengan satu liter satu liter air. Setelah diblender disaring dengan kaos bekas atau saringan yang paling halus, biar serat-serat yang ada tidak ikut tercampur di ramuan.

Setelah ramuan dasar tadi siap, encerkan dengan tambahan satu liter lagi (total air terpakai jadi 2 liter yah) terus tambahkan 6 sendok gula (biar manis kali hehehe) dan tambahkan 25 cc EM4 (banyak dijual di toko pertanian dan toko kebun, harganya sekitar 25 ribu se-liter tersedia dalam berbagai merek). Aduk rata dan simpan dalam jerigen atau wadah lainnya selama sekitar 1 atau 2 minggu. Nah kalo udah siap nanti cairan akan bau wangi kayak tape, dan kalo botol ditutup rapat pas dibuka biasanya mengeluarkan "gas" hehehe jadi siap-siap aja yah.

Emang manfaatnya update ini apa sih buat kesehatan dan kecantikan?

Well, di blog ini kedepanya saya akan lebih banyak menulis tentang cara alami menjaga kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan bahan terbaik saya selalu menyarankan untuk mencari bahan tersebut sendiri, lebih baik lagi dari kebun sendiri agar kualitas kesegaran terjaga. Makanya saya sering menyarankan penanaman lidah buaya, kunyit atau tumbuhan berkhasiat lainnya. Buat anda yang sudah mengikuti cara saya, dan mendapati kalo tanah dalam pot/polybag harus sering diganti kan bisa terbantu dengan postingan ini.. karena saya sendiri sering kewalahan kalo datang waktunya ganti tanah untuk apotik hidup saya.

Nah kembali ke sub-topic ZPT... untuk apa sih guna zpt bagi tumbuhan, salah satu yang paling mujarab adalah merangsang perkecambahan. Jika menanam jahe merah biasanya memakan waktu sekitar satu bulan untuk berkecambah, dengan penyiraman ramuan tadi bisa dipersingkat menjadi sekitar 2 minggu, WOW 50% penghematan waktu.. sempet takjub saya. Jadi makin semangat memperbanyak koleksi tanaman saya nih hehehe. Semoga update ini bisa memberikan manfaat.





Post a Comment

 
Top