Tau kan om Steve ex-CEOnya Apple? Nah dokternya om Steve bagi-bagi saran supaya hidup lebih panjang nih. Simak Infographicnya ya?! Buat yang males baca dan banyak yang lebih penting, baca infographicnya,aja biar bisa cepet ngerti poin-poin yang dibagi :) berikut infographicnya.



Dokter? Dokter Siapa Sih?

Dokter yang satu ini terkenal dengan cara bicaranya yang ceplas-ceplos (bahkan untuk ukuran orang Amrik sana) sering mengeluarkan teori yang radikal, seperti teori terakhirnya adalah duduk selama lima jam bisa memiliki efek lebih buruk bagi kesehatan ketimbang merokok sebungkus rokok! Padahal sebungkus rokok di sana rata-rata 20 batang. Kebayang gak sih betapa besar efek dunia kerja (yang rata-rata cuma duduk aja) pada kesehatan kita?

Mari simak video pendeknya dari wired.com :


Banyak praktisi yang menentang teori Dr. David Agus, terutama ketika dia menyatakan perang terhadap industri vitamin dan suplemen buatan. Namun tetap tidak bisa disangkal bahwa dia adalah seorang pekerja keras yang disegani dikalangan medis, dikenal sebagai salah satu pionir di bidang riset bio-medikal dan onkologis (studi praktek  pengobatan kanker). Baginya gaya bicaranya yang tajam dan ceplas-ceplos adalah caranya untuk tidak berbohong pada pasienya. Lulusan Princeton ini memang sudah tertarik dengan dunia riset bahkan sejak  sebelum kuliah, dia sudah menerbitkan 3 jurnal ilmiah sebelum memasuki jenjang perguruan tinggi.

Dia juga yang menemukan bahwa vitamin C mungkin bisa mencegah kanker tapi dapat mempeburuk kondisi jika anda sudah terlanjur menderita kanker yang menyatakan bahwa tumor justru diberi makan oleh asupan vitamin C. Steve Jobs bukan satu-satunya pasien VIP bagi Dr. Agus; Michael Dell, Steven Spielberg, Summer Redstone dll. Ok cukup tentang profil dokter yang satu ini, yang jelas dia adalah sumber yang sangat bisa dipercaya :) Mari kita lihat bahasan tentang infographicnya.

1. Makan Makanan Nyata


Makanan yang nyata maksudnya segala sesuatu yang tidak memiliki label gizi dan kandungan nutrisi. Ironis memang, Dokter yang satu ini justru menyarankan anda memakan makanan "biasa" seperti sayur mayur dan buah-buahan, dengan pengecualian sayuran dan buah-buahan beku dan ukan makanan kemasan seperti mie instant atau daging kalengan (memiliki label gizi).

2. Segelas Anggur Setelah Makan Malam

Minuman beralkohol ini memang dilarang bagi yang muslim, tapi bagi pemeluk agama lainya silahkan diikuti ya?! Segelas anggur, terutama anggur merah dapat mengurangi resiko penyakit jantung (salah satu pembunuh sunyi diantara kita), tapi dia mengingatkan bahwa kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan jika dikonsumsi berlebih justru berakibat buruk pada jantung.

3. Sukai Kopi, Jangan Berlebih

Mengkonsumsi kafein dari sumber alami seperti biji kopi dan daun teh telah terbukti memberi efek positif bagi tubuh kita. Kafein alami yang bukan dari soda atau minuman berenergi mengurangi resiko kanker, tapi ingat jangan berlebih.

4. Minum Aspirin Dosis Anak

Aspirin memang terbukti ampuh meredakan sakit kepala dan nyeri otot lainya. Penggunaan aspirin secara nyata dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung, darah dsb) dan dapat menyingkirkan berbagai penyakit karena efek anti-inflamasi nya.

Dosis aspirin kadar rendah harian (sekitar 75 mg) dapat mengurangi resiko tumbuhnya kanker di paru-paru, kolon, dan prostat. Namun menurut Dr. Agus, sebaiknya diskusikan dulu keputusan ini dengan dokter anda, karena ada beberapa resiko konsumsi aspirin seperti pendarahan. Namun dia tidak menyangkal bahwa aspirin adalah salah satu jalur termurah dan termudah untuk awet muda dan hidup lebih panjang, obat ini dijual bebas dan tidak memerlukan resep dokter harganya juga sangat terjangkau.

5.  Lakukan Screening Untuk Mendapatkan Rekomendasi

Bagi pria, Pemindaian PSA (Prostate Specific Antigen Screening) dapat mendeksi kanker prostat sejak dini. Pemindaian CT pada area dada dapat menekan resiko anda dari kematian karena kanker paru-paru, payudara, dan kolon.

6. Pertimbangkan Test DNA

Melalui test DNA kita dapat melihat seberapa besar resiko kita terhadap penyakit-penyakit kronis seperti Aneurisma hingga kanker perut. Begitu anda mengetahui resiko-resiko terbesar anda, anda dapat memulai gaya hidup yang lebih tepat untuk menekan resiko-resiko tersebut.

7. Lakukan Olahraga Yang Tidak Anda Kuasai

Basket, sepak bola, senam adalah olahraga yang sangat umum. Meski sama-sama menyehatkan, olahraga yang tidak anda kuasai justru dapat memberikan pengaruh yang lebih besar. Keluar dari zona nyaman anda akan memperbesar kemungkinan anda menemukan sesuatu yang baru dalam hidup anda, dan secara terus-menerus menantang otak anda untuk bekerja, dan kebiasaan ini adalah sesuatu yang menyehatkan.

8. Jangan Pernah Lupa Menggosok Gigi

Tahukah anda berapa banyak sistem syaraf yang ada di gusi? Sistem tersebut berhubungan langsung dengan otak dan jantung, dan sudah sejak dahulu ditemukan bahwa penyakit mulut dan gigi bisa menyebabkan penyakit jantung. Jadi rawatlah gigi anda sebaik-baiknya. Meskipun tidak ada penelitian yang menyebutkan betapa besarnya penyesalan orang di usia senja karena di waktu muda mereka malas merawat gigi, saya yakin anda akan senang memiliki gigi yang sehat dan kuat di usia senja kelak. :)

9. Makan Setidaknya 3 porsi ikan air dingin

Ikan air dingin seperti salmon, sarden, tuna adalah sumber protein yang sangat bagus, mengandung asam lemak esensial yang sangat berguna juga vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi tubuh. Jika anda kesulitan atau bosan makan sarden terus, ikan mas dan berbagai keluarga ikan karper adalah solusi murah untuk orang Indonesia.

10. Kembangkan Sisi OCD Anda

Sisi OCD yang dimaksud adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan anda, dan membiasakan selalu mencuci tangan setelah menyentuh benda kotor. Bukan sisi OCD seperti yang saya miliki, mengkoleksi koin kuno dan menatanya dengan rapi urut mulai dari yang paling bagus ke yang paling jelek, padahal kamar saya berantakan hehehe :p

11. Jangan Pernah Melewati Sarapan

Kesibukan sering menjadi alasan kita lupa sarapan. Menurut Dr. Agus, makanan di pagi hari dapat memompa aktifitas metabolis dalam tubuh untuk menghadapi rutinitas, dan kebiasaan meninggalkan sarapan hanya untuk menurunkan berat badan adalah salah satu kebiasaan yang paling tidak sehat.

12. Perbanyak Senyum

Senyum dapat memaksa otak untuk melepaskan endorphin dan serotonin. Kedua hormon ini dikenal sebagai hormon bahagia, dan efektif mengurangi rasa sakit. Jadi senyum bukan hanya ibadah buat yang muslim, senyum juga membuat kita lebih bahagia. Makanya senyum yuk :) Tapi.. jangan baca tulisan saya sambil senyum-senyum sendiri, nanti dikira edan lho :D

13. Pacu Jantung Selama 15 Menit Setiap Hari

Dengan meningkatkan 50% detak jantung jika dibandingkan saat anda beristirahat dapat menjadikan anda lebih sehat dan lebih resisten terhadap penyakit kardiovaskular. Hari-hari anda justru akan terasa lebih enerjik setelah rasa lelah yang ada hilang. Ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda.

14. Pelihara Hewan

Hewan seperti anjing, kucing bahkan ikan cupang dapat melatih anda tentang tanggungjawab dan rutinitas. Dengan mengembangkan rutinitas seperti memberi makan, menjaga kebersihan kandang, dan menjaga lingkungan hidup hewan tersebut dalam kondisi baik dapat memudahkan anda menerapkan hal yang sama untuk diri anda.

15. Jangan Minum Vitamin dan Suplement

Dalam sebuah percobaan random, vitamin dan suplemen tidak terbukti memberi manfaat nyata, justru meningkatkan mortalitas (angka kematian), karena itu Dr. Agus memililh memerangi vitamin dan suplemen, sebuah aksi yang membawa kontroversi tetapi juga mencuatkan namanya.

5 Hal Untuk Dihindari

16. Hindari Bahan Makanan Buruk

Lemak jenuh, pemanis buatan, pengawet makanan, pewarna makanan, penyedap rasa seperti MSG, protein buatan hasil hidrolisis, pengenyal, steroid, meskipun dengan menghindari semua ini hidup anda jadi "gak berasa" cukup ingat kembali ke nomer 1: Makan makanan nyata (Setidaknya sebagian besar anda memakan makanan tsb).

17. Hindari Detox Buatan

Berkat ginjal, tubuh anda secara alami akan mendetox dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Detoxifikasi tidak memilki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh atau semacamnya, dan masih menurut Dr. Agus, cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda adalah dengan aktif bergerak dan memakan makanan sehat.

18. Hindari Stiletto (atau sumber inflamasi lainya)

Sebaiknya anda tidak bekerja menggunakan stiletto karena penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan inflamasi. Inflamasi biasa ditandai dengan bengkak, kulit kemerahan, rasa panas, atau peradangan. Inflamasi memang sering dianggap sepele, tetapi dengan adanya stimulus biologis yang berbahaya, inflamasi bisa berubah menjadi sesuatu yang kronis. Karena itu inflamasi sering dikaitkan dengan penyakit jantung, alzheimer, auto-imun, diabetes dan penuaan dini.

19. Ngejus

Siapa sih yang gak suka jus? Orang Indonesia, hidup di daerah tropis dengan panas begini mana ada yang anggep jus gak menyegarkan? Apalagi kalo minuman segar ini terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan. Dipercaya menjadikan tubuh kita sehat dan memberi nutrisi dari dalam, tapi jika menurut Dr. David Agus; kandungan serat dari buah dan sayur terurai dengan proses ini. Jadi dia menyarankan untuk membuang juicer anda dan mulai makan makanan alami secara alami juga ;)

20. Hindari X-Ray Airport

Kalo anda sering bepergian menggunakan kapal terbang (kapal terbang..! minta duitnyaaaa! Hehehe :) ehm, pesawat maksudnya, Anda pasti sering melewati X-Ray scanner untuk menjaga keamanan. Tapi hingga kini tidak ada pembuktian nyata seberapa aman alat tersebut digunakan dalam jangka panjang. Bahkan ruang X-Ray di rumah sakit saja sangat terbatas, karena memang sinar ini berbahaya, jadi coba bicara dengan petugas dan lebih memilih digeledah secara manual saran Dr. Agus.

Terakhir (Bonus)

21. Buat Definisi Sehat Bagi Anda

Apa arti sehat bagi anda? Apakah tidak menderita penyakit yang dimiliki oleh keluarga/orang tua anda? Memiliki postur yang ideal? Memiliki umur panjang? Dapat melakukan kegiatan berat seperti marathon berkilo-kilo?

Apapun arti sehat bagi anda, dengan memiliki sebuah definisi sehat, anda bisa menerapkan gaya hidup yang sesuai dengan tujuan anda, dan ada kami disini (www.cara-alami.net) yang selalu berusaha rutin menerbitkan artikel kesehatan terpilih untuk anda, agar anda bisa mencapai tujuan tersebut.

Nah itu dia keterangan lebih lengkap dari infographic yang saya buat, tolong dishare biar temen-temen tau ya?! Segala upaya untuk menshare artikel yang saya buat adalah cambuk buat saya biar bisa terus berkarya ;) ga guna juga kan kalo untuk riset artikel ini butuh 3 hari, membaca paling 10 menit, dan dimintain share barang sekali klik aja pada males. :( Malah kadang saya mikir ga ada yang baca artikel saya huhuhu... *meratapi nasib*

Kembali Pada Anda

Sekarang \semua kembali pada anda, apa makna sehat bagi anda? Langkah-langkah apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk mencapainya? Apakah anda ingin menjadi lebih baik lagi dalam hidup anda? Apakah anda merasa gagal dan kenapa? Jawab di comment ya?!

Semoga bermanfaat, dan tinggalkan tips buat yang lainya ya?! Selama masih nyambung sama artikel, saya pasti nanggapi kok, kalo coment cuma mau ninggalin link ke web parno, herbal ga jelas (bahkan cenderung berbahaya), atau  web yang menawarkan obat untuk memperbesar ukuran xxx hingga 100 kilometer juga pasti langsung delete, jadi usahain baik ya commentnnya :)

(Artikel dilansir telegraph.co.uk dan wired.com)

Post a Comment

 
Top