Inspirasi Harsiki - Aloe Vera atau biasa di sebut dengan Tanaman Lidah Buaya berasal dari Afrika, tanaman lidah buaya yang merupakan tanaman herbal ini juga dikenal sebagai "Lily Gurun", yang berarti tanaman yang abadi dan tanaman obat. Liur dari lidah buaya ini rasa yang pahit atau dalam bahasa arab disebut "Alloe" , dan akhirnya tanaman tersebut disebut dengan nama aloe vera.

Tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini termasuk dalam keluarga tanaman herbal, dan saat ini ada sekitar 400 spesies dari Asphodelaceae . Tanaman ini digolongkan kedalam tanaman sukulen, serta dapat tumbuh di Afrika yang merupakan tanah yang kering dan dapat tumbuh di pegunungan Afrika tropis. Salah satu ciri khas dari tanaman lidah buaya adalah memiliki daun besar, tebal, serta berdaging. Daun seperti tombak yang terdapat duri yang tajam pada daunnya.

Awal di temukan dan penggunaan lidah buaya 

Lidah buaya telah digunakan dan dicatat oleh orang Mesir pada sekitar tahun 1500 SM dan digunakan sebagai tanaman herbal yang berfungsi untuk mngobati luka bakar, parasit, serta infeksi. Ada manfaat lain dari tanaman ini pada saat di jus atau disebut dengan nama "Gaharu" yang berfungsi untuk obat pencahar yang sangat baik diantaranya Aloe Vera, Vulgaris, chinesis, socotrina. Namun ada beberapa spesies dari tanaman Lidah buaya ini yang memiliki racun Aloe Venenoza yang menghasilkan jus beracun

Penelitian tentang lidah buaya telah dilakukan sejak tahun 1930. Pada penelitian ini memberitahukan bahwa gel dalam tanaman herbal lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan koreng, luka bakar, dan borok. Karena gel yang melapisi daerah tertentu , maka akan dilindungi oleh bakteri penyebab infeksi dan microbodi, sehingga mempercepat penyembuhan.

Jus tanaman hebal lidah buaya

Bagian dari tanaman lidah buaya ini mengandung 96% air dan 4 % adalah bahan aktif yang merupakan asam amino, mineral, minyak esensial, vitamin, enzim dan glikoprotein. Karena kaya akan bahan aktif yang sangat bagus, sehingga saat ini banyak penyembuhan modern yang menggunakan dan mencampurkan tanaman lidah buaya ke dalam produknya. Terkadang lidah buaya juga sangat enak untuk dibuat jus dengan mencampurkan tanaman herbal lainnya (baca juga : Ciri-ciri dan manfaat tanaman kencur sebagai tanaman obat ) yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Pada jus lidah buaya ini dapat memberikan beberapa efek seperti menenangkan iritasi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh ganguan tukang lambung dan kolitis.

Manfaat lainnya dari tanaman herbal lidah buaya

Banyaknya vitamin serta mineral dalam tanaman lidah buaya ini menjadikan tanaman ini sangat baik untuk suplemen makanan herbal. Karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan membantu dalam sirkulasi darah dan limfatik. Suplemen herbal lidah buaya  juga dikatakan dapat meningkatkan fungsi ginjal, hati, dan kandung empedu. Tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk lambung, usus kecil, dan usus besar dan dapat mencegah overacidity yang merupakan penyebab umum dari gangguan pencernaan.

Baca Juga : Lidah Buaya Obat Bisul

Semoga pengetahuan Tentang Asal-Usul Dan Manfaat Tanaman Aloe Vera Atau Lidah Buaya dapat memberikan gambaran serta memberikan inspirasi untuk anda dalam menjaga tanaman yang ada dilingkungan kita.

Post a Comment

  1. Wah baru tahu cerita tentang asal-usul dan manfaatnya lidah buaya mas, Kalau saya tahunya hanya tinggal minum saja. he,, he,, he,, terimakasih sharingnya.

    Salam

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu cerita tentang asal-usul dan manfaatnya lidah buaya mas, wah makasih yea mas

    Unik-fakta.com

    ReplyDelete

 
Top